Wednesday, July 19, 2006

Indahnya Persahabatan

“Indahnya persahabatan adalah: kita tidak harus menjadi sedarah untuk bisa sehati dan sepemikiran.”

Kalimat itu terngiang terus belakangan ini. Sepertinya ditulis oleh Torey Hayden dalam bukunya, Sheila, yang dipinjamkan seorang teman padaku.

Di tengah kehangatan dan kebaikan teman dan sahabat, aku merasa hidup itu dilimpahi syukur. Dan itu kuungkapkan pada dua sahabat tadi, hari ini.

Pernah buka www.rotten.com? Situs yang isinya gambar-gambar mengerikan mayat manuia atau potongan tubuh manusia. Aku membahasnya dengan seorang sahabat belum lama ini.
“Ada foto mayat membusuk di apartemen karena sakit ngga ada yang tau. Parah ya? Ada foto orang kena ranjau, mukanya tinggal separuh. Kalau sudah begitu, aku jadi mikir. Manusia itu hanya seonggok daging busuk jika nyawa sudah melayang.”
Sang sahabat tercenung mencernanya.

“Kalo udah gitu, gue jadi bersyukur banget masih dikasih napas sama Tuhan setiap bangun pagi. Dan ngga jadi daging busuk.”
“Iya Mer, kita harus bersyukur sama hidup kita. Ngga usah pengen macem-macem. Masih dikasih nyawa aja udah bagus,” jawab si sahabat.

Ada baiknya juga mengungkapkan rasa syukur itu kepada orang-orang yang kita inginkan. Simbol rasa terimakasih kita atas dukungan mereka. Ini hal yang sering kita lupakan. Ada rasa gengsi, malu, dan sebagainya. Padahal apa salahnya?

Saya tidak pernah punya figur seorang ayah sejak kecil. Dan belakangan ini saya menemukannya pada sosok seseorang. Tadi saya mengungkapkanya secara spontan. Reaksinya sungguh menakjubkan.

“Oh ya..tentu pahala bagi saya bila bermanfaat bagi orang lain. Dalam Islam disebut rahmatan lil alamin. Tuhan memerintahkan kita untuk jadi rahmat bagi sesama.” Begitu jawabnya bijak.

Saya justru tidak tahu pasti ayat dalam kitab suci agama saya tentang itu. (Plak! Merry jarang baca Injil!)
Indahnya persahabatan: kita tidak harus sedarah, seagama, untuk bisa sehati dan sepemikiran!

7 comments:

johan said...

nggak usah pakai alasan biblis, kalimat terakhir itu sudah sepenuhnya benar ....

Restituta said...

merce, my sister >:D<

alay said...

Amen!

lucee said...

yup...
indahnya persahabatan..

n for me : indahnya persahabatan dengan sesama perempuan.. (tetep :D)

cheers

cepris said...

sahabat? ...ehmm

trisna said...

lucee, jangan diskriminasi getu ah.org baik itu kan bisa ce maupun co. ya ga merrr ??? :)

Anonymous said...

Your website has a useful information for beginners like me.
»