Friday, September 30, 2005

Setiap Perempuan Adalah Superwoman


Sudah agak lama, seorang teman lelaki curhat tentang anaknya yang sakit. “Aku ngga tidur semalaman. Jagain anak yang demam. Kasihan istriku, seharian dia yang jaga kalau aku kerja,” keluhnya. “Malam dia masih begadang juga kadang. Ngga kebayang pas anakmu sakit Kamu kan single parent.”
“Iya, aku malem begadang, tidur-tidur ayam, paginya kerja. Hehehe,” jawabku santai.
“Gimana kamu bisa tahan?” Ia bertanya bingung. “Aku yang lihat istriku kecapaian aja sudah ikut stress.”
Aku hanya tertawa. “Tuhan memberi EXTRA POWER pada setiap perempuan, khususnya para ibu. Jadi ya santai saja,” jawabku.

Istilah EXTRA POWER itu bukan mengada-ngada. Bayangkan saja, para ibu di seantero dunia. Ada banyak ibu yang punya anak 3,4 5 bahkan 10, dapat terus bertahan hidup dengan senyuman di bibir walau harus berkutat dengan kesibukan luar biasa. Bangun dini hari, menyiapkan sarapan, mengantar anak sekolah, belanja ke pasar, memasak, mencuci, menjemput anak, membantu bikin PR, menyapu, mengepel, menyetrika, melayani suami, memanjakan si kecil, dan saat malam tiba mereka hanya terlelap beberapa jam. Tidak ada tidur siang. Bahkan di akhir pekan pun pekerjaan mereka justru bertambah sebab keuarga butuh perhatian lebih dari biasa.

Tak banyak beda dengan perempuan karir. Pulang kerja mereka tak bisa ongkang-ongkang kaki rileks seperti para suami. Sehebat apapun karir perempuan, begitu menginjakkan kaki di rumah, mereka akan kembali ke kodratnya, menjadi ibu rumah tangga. Jadi jangan heran kalau ada perempuan karir yang di kantor tampil anggun berwibawa, keren, begitu sampai rumah berubah jadi bluwek –istilah teman saya-, hehehe.
Lagi, seorang teman, perempuan yang lumayan sukses karirnya sempat berkeluhkesah. “Kalo suami gue enak, pulang kerja tinggal nyantai aja, minta kopi. Duduk deh dia baca Koran, nonton TV, main PS, atau langsung molor. Nah gue tiap pulang kerja ada aja yang harus dilakonin. Yang anak rewel, berantem, ngga mau bikin PR, rumah berantakan, macem-macem. Ribet.”

Kalau dipikir dengan logika, semua itu jelas sulit dilakukan. Semua orang juga tahu, kekuatan fisik perempuan tidak seberapa dibanding lelaki. Belum lagi kemampuan berpikirnya yang kata kaum pria, perempuan tak ada apa-apanya. Lalu, bagaimana kaum Hawa khususnya para ibu bias terus survive dengan beban itu?
Menristek Kusmayanto Kadiman pernah bersaksi di depan anak buahnya dan wartawan. “Perempuan itu lebih pintar dari lelaki. Mereka bisa nonton TV sambil ngobrol, nyiapin makanan, baca buku, ngurus anak dan macam-macam. Kita lelaki kalau nonton TV diajak ngobrol aja suka ngga ngerti.”
Itu dia jawabannya, EXTRA POWER. Maka berbanggalah jadi perempuan. Sebab setiap kita adalah SUPERWOMAN.

11 comments:

Anonymous said...

Rollyo Personalizes Google-Style Web Search
Blogger/entrepreneur Dave Pell has unleashed a way to build your own miniature Google.
Hi, I was just blog surfing and found you! If you are interested, go see my child related site. It is special to me and you may still find something of interest.

Anonymous said...

Making a blog transition
You'll probably notice a few changes around here -- and some improvements -- starting today.
Not to change the subject, but have you seen this site? Gallstones

Anonymous said...

Just thought I'd let you know about a site where you can make over $800 a month in extra income. Go to this site   MAKE MONEY NOW  and put in your zip code..... up will pop several places where you can get paid to secret shop, take surveys, etc.  It's free.  I found several and I live in a small town!

Restituta said...

hidup revolusi perempuan -mulai dari perempuan yang hanya masak di dapur dan menyusui anaknya, sampe ke perempuan yang juga jadi mesin pencetak uang untuk kehidupan keluarganya... ;))

eric said...

Bener sich yang elu bilang..gw paling banter begadang buat jaga bayi 3 hari..udah itu keok..apalagi dikantor bawaan ngantuk dan lemes melulu..

Beda dengan istri saya yang tiap malem jagai bayi, mana lagi nyusui, terus cuci popok 5 x sehari, belum lagi ngurusin rumah, nyuapin anak yang udah SD dan TK terus masak sendiri buat menghemat uang dapur...terus ngurusin saya yang udah 2 bulan puasa...!!

IMW said...

Di Indonesia, suami bawaannya jadi manja. Apalagi ada mertua, ibu, bapak, sepupu dsb

snydez said...

.. salut untuk para ibu :)

Proper Ways said...

Tingkatkan RANKING WEBSITE secara otomasits dengan SOFTWARE baru ini.
Dapatkan di LINK GENERATOR SOFTWARE

Living in Thailand said...

Nice site maybe we can do something!Free SMS and Free Fax

vio - chan said...

setuju banged....
gw perempuan yang kl dibilang soal segi badan.."kurus banged"..
tapi krn Allah itu adil, seabrek2nya urusan rumah + kantor, kayaknya semuanya gak ada masalah,sebenarnya inti dari hidup itu adalah ikhlas, kalo mengerjakan apapun kita bisa IKHLAS , kyknya semua gampang2 aja...

chateaux said...

salut.